MASQUERADE X QASIDAH

Bagaimanakah membuat sebuah drama yang tidak biasa?

Ini pertanyaan yang coba kita jawab dengan memproduksi sebuah drama semi musikal (karena kayaknya konten musiknya dikit banget) dalam rangka PUPR Got Talent. Dengan (hanya) berbekal semangat dan nol pengalaman, kita mulai brainstorming. Awalnya sih ada beberapa pendapat yang mengusulkan untuk membuat masquerade, dan beberapa yang lain mengajukan usul drama dengan tema kegiatan pekerjaan kementerian. Masquerade bagus sih kalo jadi, dan makin kompleks set-nya bakal keliatan makin bagus, tapi kekurangan dari ide masquerade ini adalah karena waktu produksi kita yang terlalu mepet, sedangkan untuk masquerade kita butuh waktu lebih untuk nyiapin properti, belum latian buat sinkronisasinya.

Setelah beberapa kali pertemuan maka diputuskanlah untuk membuat drama semi masquerade. Jadi penampilan tidak full masquerade, hanya untuk beberapa bagian saja. Sebagian yang lain akan terlihat seperti drama musikal. Akan menampilkan sebuah karya musikal berkhasanah lokal berupa Nasidah (lagu – lagu islami keibuan). Tantangan di sini tetap pada persiapan properti dan waktu yang mepet.

Pada hari H untuk pengambilan gambar, kita berencana untuk latian sekaligus ambil video final. Kebayang betapa rempongnya rang orang. Ini macem kerjaan bangun candi sewu. Bedanya kita nggak bakal dibantuin jin.

DSCF2147
Latian Vokal biar kentut bisa merdu
DSCF2166
Team Produksi merangkap pemain merangkap penulis merangkap dll

Untuk produksi kebeneran kita ada 2 kamera. Kamera yang pertama buat ambil gambar di tengah, yang kamera satunya bakal mobile untuk ambil gambar close up. Dan nanti akan di-mix pada saat post production. Sebenernya sih ini bakal lebih enak kalo hasil akhir penjuriannya hanya berdasarkan dari video, karena bisa di-edit habis buat nambal – nambal yang jelek. Sayangnya kalo ini lolos ntar, bakal disuruh tampil live. Semoga dan semoga kalo misal live nanti kita nggak terlalu memalukan (udah pasti memalukan soalnya, tapi ya jangan banyak – banyak. Wikwikwikwkwk)

DSCF2150
Liat kan siapa yang paling semangat
DSCF2154
Motor gaib, bisa jalan gak pake roda
DSCF2157
Team qasidah lagi latian mukulin panci, eh rebana
DSCF2179
Sebuah usaha untuk manggil Jin

Akhirnya dengan semua daya dan upaya, jadilah sebuah maha karya sampah  . Hemm… kalo dipikir – pikir kita nggak ada niatan buat bikin drama komedi, tapi kok kalo liat bagian qasidahnya pas abis editing, saya selalu geli sendiri. Hahahaha

Semoga nanti dapat berguna bagi nusa bangsa.

DSCF2189
Team Qasidah yang lagi pikir pikir buat lanjut solo karir
DSCF2195
Its a wrap !

Leave a comment