Nonton Muzik Theater

Saya belum pernah nonton teater secara langsung di gedung, sampai dengan rabu malam kemarin. Minggu kemarin dapat info dari temen kalo hari rabu dan kamis ini ada pertunjukan teater di Taman Ismail Marzuki dengan judul Menara Ingatan. Penampilnya adalah Teater Garasi, cuma pernah denger namanya tapi belum pernah liat langsung karya karyanya. Menarik, karena saya lihat di sana ada Gunawan Maryanto (aktor di dalam film Istirahatlah Kata – kata) yang akan tampil sebagai salah satu aktor dan juga Yennu Ariendra (personil Band Melancholic Bitch) sebagai penggagas dari lakon yang akan ditampilkan. Udah itu aja sih yang saya tau. Harga tiket 75k saya rasa nggak mahal mahal amat lah ya.

Cover depan booklet pertunjukan

Pertunjukan dimulai pukul 20.00. Saya yang belum pernah masuk ke gedung teater langsung celingukan. Begitu duduk di tempat duduk sesuai nomer tiket musik dari panggung sudah mulai. Saya yang nggak begitu paham dengan acaranya tanya ke orang sebelah saya.

 “Mas ini udah mulai ya?”, tanya saya.

“Udah selesai malah mas. Tu udah sepi mas. Hahaha”. Jawab mas mas rak jelas sambil ketawa sinis.
Woo lha silit ki mas e. Lha sini orang beneran tanya karena nggak mudeng, malah di jawab sak kenanya. Tak pongor lambemu san ke mas.

Wes daripada tambah emosi, saya diem aja sendiri sambil nunggu acaranya mulai. Nggak begitu lama masuklah Mas Yennu, memberikan sedikit prolog sebelum pertunjukan dimulai.

Secara garis besar pertunjukan ini didominasi oleh suara suara, baik itu suara dari alat musik maupun nyanyian dari aktris yang tampil. Penampilan para aktor teater juga tidak kalah vital. Memperjelas pesan yang ingin disampaikan, pesan pesan kelam yang ditampilkan dalam wujud olah suara dan raga. Bercerita mengenai kengerian korban 65, isu petrus, pembantaian dukun santet hingga penampilan tentang Suku Osing, kerajaan Blambangan, Gandrung, dan juga kerajaan Mataram.

Pertunjukan selama kurang lebih satu jam terasa begitu cepat, tanda bahwa pertunjukan ini bagus. Paling tidak menurut saya begitu. Puas pada pengalaman pertama nonton teater. Ke depannya akan nonton lagi jika ada kesempatan.

Advertisements

3 thoughts on “Nonton Muzik Theater

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s